Wednesday, March 2, 2011

Manusia dan budaya

BUDAYA DAN MANUSIA

A. Asal usul budaya

Budaya dan manusia sebenarnya tidak bisa dipisahkan karena manusia itu sendiri sebenarnya adalah budaya. Kenapa manusia disebut juga budaya? karena manusia itu sendiri adalah yang menciptakan budaya dan yang mereka lakukan setiap hari juga bisa dikatakan dengan budaya.

B. Terciptanya budaya

Budaya tercipta juga karena kebiasaan manusia yang mereka lakukan dengan terus menerus, hal itu juga terus dilakukan dan diturunkan kepada generasi-generasi sesudah mereka.
Walaupun budaya yang dilakukan pada masa sekarang mungkin sudah jauh berbeda dengan masa dahulu, hal itu di karenakan budaya budaya saat ini telah tergerus oleh pergeseran zaman yang semakin kuat dampaknya,

C. Contoh pergeseran budaya

Sebagai contohnya adalah pakaian, kita yang hidup di Indonesia pasti lebih mengikuti pada budaya timur/arab, yaitu saat memakai pakaian juga pasti selalu tetutup terutama bagi kaum wanita, tapi hal itu menjadi sangat kontras dengan zaman sekarang yang tidak seperti itu lagi, kaum wanita saat ini lebih tertarik dengan pakaian terbuka yang disebabkan oleh pengaruh budaya barat, dengan istilah lain orang menyebut modernisasi, jadi yang seharusnya budaya berpakaian kita tertutup menjadi lebih terbuka.
Seharusnya kita malu dengan hal ini, kenapa kita bisa mengikuti budaya mereka yang sudah pasti kurang baik bagi kita.

D. Hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan budaya

Mungkin hal yang perlu kita pikirkan saat ini adalah bagaimana kita bisa mempertahankan budaya itu sendiri terutama budaya kita, sebagai generasi muda yang perlu kita lakukan adalah dengan membuka mata dan menanjamkan pendengaran serta menguatkan filter Iman, agar kita tidak mengikuti budaya-budaya yang kurang baik yang berasal dari luar, dengan begitu budaya kita sendiri pasti akan terus terjaga. Seperti halnya negara Cina, Cina adalah sebuah negara yang menjunjung tinggi akan budayanya, budaya bangsa Cina selalu dipegang teguh oleh orang cina dan mereka juga membatasi agar budaya-budaya asing tidak masuk terutama budaya dari barat.

E. Perbedaan budaya

Budaya yang saat ini ada tidak semuanya sama, apalagi kalo kita bandingkan budaya barat dengan budaya timur, mereka sungguh sangat berbeda. Keberbedaan itu dipengaruhi juga oleh pola hidup mereka, pola pikir, tempat tinggal, iklim dan semua hal yang mencangkup kebiasaan yang mejadi keberbedaan budaya itu sendiri.

No comments:

Post a Comment